Label

berita pupuler

Entri Populer

Katrol

Posting Komentar


 

Siswa magang sedang memandu Cara penggunaan alat peraga Pada anak anak pengunjung di UPTD GRAHA TEKNOLOGI 

Alat Peraga tersebut bernama katrol?

HMMMMM......Sebagai mana yang telah kita maklumi bersama bahwa katrol merupakan pesawat sederhana yang biasa di gunakan pada Sumur,lift mall2 dan masih banyak lagi.


Berbicara tentang katrol apakah teman2 sekalian sudah tahu bagaimana cara kerja katrol??

sebelum kita membahas tentang katrol kita terlebih dahulu harus mengetahui tentang katrol


Pengertian Katrol

Katrol adalah salah satu jenis dari pesawat sederhana. Jadi, katrol ini digunakan untuk mempermudah suatu pekerjaan yang berat. Cara kerja katrol sendiri dilakukan dengan memanfaatkan roda yang berputar pada porosnya. 

Untuk mengangkat suatu beban, membutuhkan bantuan dari tali. Jadi tali digunakan untuk mengangkat benda dan ketika menggunakan katrol, mengangkat barang yang berat akan cenderung menjadi lebih ringan karena ada cara kerja yang membuatnya demikian. 

Keringanan yang didapatkan itu disebut dengan keuntungan mekanis. Jadi keuntungan mekanis ini adalah angka yang menjelaskan mengenai banyaknya pesawat sederhana menggandakan gaya. 

Prinsip Kerja Katrol

Pada katrol terdapat tiga titik utama, yaitu titik kuasa, titik tumpu, dan titik beban. Jadi ketiga titik itu memiliki tugasnya masing-masing. Titik kuasa digunakan untuk memberikan gaya atau bagian untuk menarik beban. 

Kemudian titik tumpu adalah letak poros berputar, sementara titik beban adalah tempat beban diletakkan. Sebenarnya, prinsip kerja dari katrol mirip dengan roda, tetapi yang membedakan adalah katrol memiliki roda yang tidak bergerak seperti roda pada kendaraan. 

Beban akan diletakkan pada ujung tali, sementara ujung tali lainnya akan digunakan untuk menarik beban. Kemudian ketika benda ditarik, arah gaya akan berubah, Jadi ketika badan kita menarik ke bawah, beban yang diangkat akan naik. 


Jenis Katrol

Katrol terdiri dari tiga jenis, di antaranya adalah: 

  • Katrol tetap

Katrol tetap adalah suatu katrol yang letak porosnya tetap, sehingga tidak menyebabkan katrol berpindah tempat ketika digunakan. Jadi fungsi utama dari katrol tetap adalah untuk membantu mengangkat beban yang cenderung tidak terlalu berat dan masih bisa menggunakan tangan manusia. 

Katrol tetap ini adalah bentuk katrol sederhana yang kerap ditemui, seperti misalnya timba air sampai tiang bendera. J

Prinsip dari katrol tetap adalah gaya kuasa akan sama dengan berat beban, hal itu menyebabkan keuntungan mekanis yang didapatkan bernilai satu. 

Jadi rumus katrol tetap adalah:

F = W

Keterangan: 

F = Gaya kuasa

w = Berat Beban

Sedangkan untuk menghitung keuntungan mekanik rumusnya adalah: 

K = w/F

Keterangan: 

K = Keuntungan mekanik

w = Berat Beban 

F = Gaya

Terdapat beberapa keuntungan pada penggunaan katrol tetap, di antaranya adalah: 

  • Dapat mengubah arah gaya sehingga memudahkan pengerjaan.
  • Besar gaya yang diperlukan sama dengan berat beban.
  • Jarak perpindahan beban sama dengan jarak ketika tangan menarik tali. 
  • Katrol Bergerak/Bebas

Katrol Bergerak prinsipnya berkebalikan dengan katrol tetap, jadi pada katrol bebas porosnya akan berpindah tempat ketika sedang digunakan. Namun, fungsinya tetap sama, yaitu untuk mengangkat beban yang berat. 

Cara kerja dari katrol bergerak ini adalah beban yang akan diangkat digantungkan pada poros yang terhubung dengan tali. 

Pada katrol bergerak, gaya kuasa untuk menarik beban bernilai setengah dari berat beban. Oleh sebab itu, keuntungan mekanik pada katrol bebas bernilai 2 kali. 

Penggunaan katrol bebas ini biasa digunakan pada alat-alat pengangkat peti yang dapat bergerak sesuai dengan berat yang diangkatnya. 

Rumus katrol bebas antara lain: 

F = W

Sedangkan untuk menghitung keuntungan mekanik rumusnya adalah: 

F = ½ W

Keterangan: 

F = Gaya kuasa

w = Berat Beban

Keuntungan katrol bergerak antara lain: 

  • Besar gaya yang dikeluarkan untuk menarik beban senilai setengah berat beban.
  • Jarak yang ditempuh tangan 2 kali jarak beban. 
  • Katrol Majemuk

Katrol  majemuk adalah katrol yang memiliki poros lebih dari satu. Jadi pada dasarnya katrol majemuk merupakan gabungan dari katrol bergerak dan katrol tetap. 

Prinsip kerjanya adalah pada poros katrol bergerak beban diletakkan, kemudian digerakkan dengan katrol tetap. Katrol majemuk menggunakan dua jenis katrol karena untuk mengangkat beban yang sangat berat. 

Jadi keuntungan mekanik pada katrol majemuk ditentukan oleh banyaknya katrol yang digunakan.

Katrol jenis ini biasanya digunakan untuk mobil derek sampai pengangkat kerangka jembatan. 

Rumus katrol majemuk antara lain: 

w = 2 F n 

Keterangan: 

F = Gaya kuasa

w = Berat Beban

n = banyaknya katrol

Keuntungan katrol majemuk antara lain:

Keuntungan mekanik sama dengan jumlah katrol yang digunakan. 

Related Posts

Posting Komentar